MusikAngklung.com – Sebuah keberhasilan dalam proses pelatihan angklung sangat ditentukan oleh seorang pelatih dalam menerapkan strategi pelatihan yang digunakan. Berikut ini adalah 5 Tahapan Penting Dalam Pelatihan Angklung yang wajib diterapkan oleh setiap pelatih angklung.

5 Tahapan Penting Dalam Pelatihan Angklung

Tahapan Penting Dalam Pelatihan Angklung

Tahapan ke-1 adalah Membaca,

Proses tahapan membaca ini pelatih membimbing siswa untuk membaca partitur sambil ditunjuki lalu siswa mengikuti dengan memainkan angklung yang digenagnya masing-masing. Pelatih mengulang-ulang kegiatan membaca ini sambil dibimbingnya sampai siswa tahu not/nada yang dimainkannya masing-masing dalam partitur samlai lagu yang dipalejari selesai.

Tahapan ke-2 adalah Penguasaan,

Proses tahapan penguasaan lagu ini pelatih mengulang-ulang materi lagu angklung yang sudah dipelajari pada tahapan sebelumnya sampai siswa dapat menguasai materi lagu tersebut. Dalam tahapan ini siswa masih menggunakan partitur dalam memperlajari lagunya sambil dibimbing oleh pelatih, tetapi sedikit demi sedikit pelatih sudah mulai melepas siswa untuk membaca sendiri.

Tahapan ke-3, adalah Lepas atau Baca sendiri,

Pada tahapan yang ketiga ini siswa sudah dilepas oleh pelatih dalam membaca notasi lagu dalam sebuah partitur lagu yang dipelajari sebelumnya. Di sini siswa membaca sendiri dan tugas pelatih hanya memberikan temponya saja.

Tahapan ke-4, adalah Menghafal,

Dalam tahapan yang keempat ini siswa disuruh untuk menghafal lagu yang dipelajari sebelumnya. Cara menghafal yang dilakukan para pelatih terhadap tim angklung utama ini, yaitu dengan mempelajari tiap frase lagu dalam arransemen angklungnya.

Setelah itu diulangi lagi dari frase lagu awal tersu ditambah frase lagu dua sampai siswa benar-benar hapal, selanjutnya diulang dari awal frase satu, dua dan ditambah frase tiga, empat dan sampai selesai lagu yang dipelajarinya. Pada bagian akhir pelatih mengulang semua frase lagu satu karya utuh dengan nalar tanpa partitur.

Tahapan ke-5 adalah Pemantapan,

Dalam tahapan ini merupakan tahapan terakhir untuk mempelajari sebuah lagu yaitu pemantapan. Kegiatan pemantapan ini biasa dilakukan pada tempat yang berbeda yang biasa dipakai untuk latihan.

Dalam kagiatan pemantapan ini, komposisi sebuah arransemen musik angklung sudah ditambah dengan alat musik tambahan. Seperti akompanyemen, angklung bass, gitar bass (bass betot/contrabass), perkusi, dan instumen musik lainnya.

Dengan telah dilaksanakannya 5 (lima) Tahapan Penting Dalam Pelatihan Angklung di atas, maka kelompok angklung yang terencana dalam proses latihannya, senantiasa berhasil tampil secara maksimal bahkan sering menjuarai dalam kegiatan festival angklung yang diikutinya.

CATATAN : Setiap tahapan dapat ditempuh secara relatif tergantung pada skill atau kemampuan setiap pelatih dalam memberikan materi pelatihan, tahapan ini bisa ditempuh dalam satu hari, dua hari, satu minggu, satu bulan, bahkan bisa lebih.

Demikian artikel singkat dari MusikAngklung.com tentang 5 Tahapan Penting Dalam Pelatihan Angklung, Silahkan Anda dapat membaca artikel angklung lainnya, Klik Disini

(Visited 1 times, 1 visits today)
error: Content is protected !!